Tatakan Tungku Kompor

Amankah Kompor Tanpa Tatakan atau Tungku? Ini Tips Memilih Komponen Kompor yang Tepat

Apakah nyala api pada kompor gas Anda tidak stabil, api tidak biru, dan kecil? Ini menjadi pertanda komponen kompor butuh perawatan atau rusak.

Kompor sebagai alat utama di dapur untuk proses memasak sehari-hari tentunya perlu dicek secara berkala. Selain memperpanjang usia ekonomisnya, perawatan berkala juga meminimalisir dampak yang tidak diinginkan.

Perawatan pada kompor gas cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Agar tidak keliru melakukan perawatan, baiknya Anda mengetahui komponen, kegunaan, dan cara merawatnya berikut ini.

Badan Kompor

Badan atau kerangka kompor merupakan komponen utama dan menjadi tempat bagi komponen lainnya. Bentuk badan kompor gas beragam, lazimnya berbentuk persegi untuk satu tunggu dan portable, dan persegi panjang untuk dua tungku.

Knob

Knob adalah tombol (on/off) yang berfungsi untuk menyalakan, mengatur besar dan kecilnya api pada kompor. Umumnya terletak di bagian depan badan kompor.

Corong Api (Burner)

Terletak di bagian atas badan kompor, corong atau burner berfungsi sebagai perantara oksigen dan aliran gas untuk menghasilkan api. Cara membersihkan corong kompor cukup mudah, yaitu melepasnya dan menyikatnya menggunakan sikat gigi bekas.

Pemantik

Pemantik berfungsi sebagai perantara aliran gas dan corong kompor agar api menyala. Pemantik berukuran kecil dan untuk membersihkannya dari noda, diperlukan jarum atau kawat kecil.

Tatakan Kompor

Tatakan atau tungku kompor terletak di atas corong. Fungsi tatakan sebagai penyangga alat masak, melindungi corong dari tekanan langsung, dan membuat api stabil serta merata.

Tips Memilih Tatakan Kompor Berkualitas

Sebagian orang membiarkan begitu saja saat tungku atau tatakan kompor rusak. Terlihat sepele padahal fungsi tatakan pada kompor begitu penting.

Tatakan kompor berkualitas dapat menghindarkan risiko kebakaran dan membuat kompor tahan lama.

Ada ragam jenis dan bentuk tatakan kompor di pasaran. Namun tak semua cocok dengan tipe dan jenis kompor. Berikut tips memilih tatakan kompor berkualitas.

1. Bahan Baku

Pastikan bahan baku tatakan kompor dibuat dari logam berkualitas sehingga aman dan tidak mudah berkarat.

2. Ukuran Tatakan

Pastikan jenis tatakan yang dipilih sesuai dengan ukuran corong api di kompor.

3. Jenis Tatakan

Ragam bentuk tatakan kompor memiliki fungsi masing-masing. Pastikan jenis tatakan kompor yang dipilih sesuai dengan kebutuhan dan jenis kompor.

Bingung memilih tatakan kompor sesuai kebutuhan Anda?

Hubungi CV. Andhy Karya melalui WhatsApp (di sini) dan kunjungi laman kami (di sini) untuk mendapatkan tatakan kompor berkualitas dengan desain sesuai jenis dan kebutuhan Anda.

Tatakan kompor Stockpot (stove head) produksi CV. Andhy Karya dijamin aman, kuat, melewati Quality Control (QC) ketat sehingga menjadi pilihan terbaik.

Melayani konsumen lebih dari 25 tahun, produk kami siap dikirim ke seluruh Indonesia.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *