Jenis Logam Industri

Ini Dia Jenis-Jenis Logam yang Banyak Dibutuhkan Industri

Coba sebutkan jenis-jenis logam yang kamu ketahui? Jawaban yang terbanyak adalah logam besi. Padahal masih banyak jenis logam lainnya yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

Unsur logam banyak ditemui dalam kehidupan sekitar kita. Misalnya beberapa bentuk bangunan, jembatan, rumah, menara, semua dibangun dari bahan logam.

Begitu juga beberapa jenis aksesoris yang sering kita gunakan seperti emas dan perak untuk perhiasan. Beberapa jenis-jenis logam ini memiliki warna yang indah dan anti karat.

Industri logam saat ini juga semakin berkembang. Beberapa jenis mesin industri, kebutuhan restoran, hingga kontraktor juga banyak menggunakan bahan logam.

Manfaat Logam untuk Industri

Sebelum membahas jenis-jenis logam yang ada di bumi, kita ketahui terlebih dahulu manfaat logam khususnya untuk sektor industri, yaitu sebagai berikut:

Keperluan Perlengkapan Properti

Pembuatan pagar dan gagang pintu dalam industri properti banyak menggunakan bahan logam. Salah satunya adalah logam tembaga dan baja.

Motor dan Mesin

Jenis-jenis logam juga banyak dimanfaatkan untuk mesin bermotor. Beberapa elemen yang menggunakan logam seperti pada kabel, radiator dan bagian rem serta untuk mesin-mesin industri.

Konstruksi Bangunan

Logam besi dan baja juga banyak digunakan dalam konstruksi bangunan seperti pada kabel, lapisan tahan cuaca, pipa saluran air dan lain sebagainya.

Jenis-Jenis Logam

Sebagian besar orang menganggap logam itu adalah besi. Padahal, terdapat jenis-jenis logam lainnya yang banyak digunakan dalam berbagai industri. Berikut ini jenis-jenis logam yang banyak digunakan:

Logam Baja

Selain besi, jenis logam kuat lainnya yang bahkan menjadi bagian dari Menara Eiffel di Paris adalah logam baja. Baja merupakan komponen utama pada mesin-mesin kendaraan, kapal, kereta dan rangka bangunan.

Logam baja terbuat dari bahan karbon ( C ) dan kandungan bahan lainnya seperti fosfor, sulfur, silicon , mangan, nikel, oksigen dan lain sebagainya. Unsur-unsur karbon tersebut yang membuat logam baja menjadi keras dan kuat.

Logam Perak

Jenis-jenis logam berikutnya yaitu perak. Logam yang memiliki warna dasar abu-abu dan putih ini adalah jenis logam yang mudah dibentuk. Perak juga bersifat sebagai konduktor listrik yang dapat menghantarkan panas dengan baik.

Dalam kehidupan sehari-hari, logam perak juga banyak dimanfaatkan untuk peralatan rumah tangga hingga perhiasan yang cantik.

Logam Tembaga

Jenis-jenis logam yang banyak digunakan berikutnya adalah logam tembaga. Logam ini umumnya berwarna putih perak dan cukup mudah dibentuk. Tembaga banyak digunakan dalam industri pembuatan kawat listrik.

Logam Kuningan

Selanjutnya ada logam kuningan yang merupakan perpaduan dari logam tembaga ( Cu ) dan seng ( Zn ). Logam kuningan yang banyak digunakan umumnya memiliki kandungan tembaga dari 60-90%.

Logam kuningan umumnya digunakan untuk keperluan dekorasi, sebab warnanya yang khas seperti emas itu. Beberapa peralatan rumah tangga dan alat musik seperti senar juga terbuat dari logam ini.

Logam Nikel

Jenis jenis logam berikutnya yang terkenal karena anti karatnya adalah logam Nikel. Logam ini memiliki sifat yang lembek dan cukup mudah dibentuk. Jika dipadukan dengan logam besi maka daya tahannya lebih kuat seperti baja.

Logam Timah

Timah merupakan jenis logam yang memiliki sifat yang lunak dan pastinya sangat mudah dibentuk. Karakter warna logam timah umumnya seperti warna putih perak.

Timah dibuat dengan cara mencampurkan beberapa jenis logam campuran yang biasanya dipakai untuk keperluan solder. Timah juga tidak mudah mengalami oksidasi dan anti karat.

Logam Seng

Jenis-jenis logam lainnya yang juga sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah logam seng. Sejak abad 10 sebelum masehi, logam ini sudah sering digunakan. Warna khasnya adalah putih kebiruan serta berkilau dan memiliki sifat magnetik.

Jika dibandingkan jenis logam lainnya, seng adalah logam yang paling rapuh. Meskipun begitu, logam seng mampu menghantarkan listrik pada logam lainnya dengan baik.

Logam Besi

Logam besi adalah jenis-jenis logam yang paling dikenal banyak orang. Besi adalah logam yang berasal dari bijih besi dari hasil tambang. Unsur besi dengan simbol Fe ini memiliki nilai ekonomis yang sangat tinggi.

Kandungan unsur besi di bumi cukup besar, sehingga logam ini juga cenderung mudah didapatkan dan murah. Besi juga digunakan sebagai bahan campuran untuk logam besi lainnya. 

Hampir semua jenis-jenis logam ini banyak dimanfaatkan, terutama dalam sektor industri seperti mesin dan kontraktor. 

Jika saat ini usaha kamu bergerak di bidang seperti restoran, pabrik kelapa sawit, atau kontraktor dan membutuhkan logam besi berkualitas solusinya adalah CV. Andhy Karya.

CV. Andhy Karya merupakan perusahaan pengecoran logam yang menyediakan benda-benda logam berkualitas untuk memenuhi kebutuhan perusahaan atau usaha kamu. 

Kunjungi website kami untuk informasi produk lebih lengkap dan hubungi lewat whatsApp untuk melakukan pemesanan jenis-jenis logam dengan kualitas terbaik.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *