Penghasil Kelapa Sawit

7 Provinsi Penghasil Kelapa Sawit Terbesar di Indonesia

Tahukah kamu bahwa Indonesia menjadi negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia? Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada 2.511 perusahaan sawit yang tersebar di 26 provinsi di Indonesia dengan total luas kebun sawit nasional mencapai 15 juta hektare.

Tanaman kelapa sawit atau Elaeis guineensis memang banyak tumbuh di negara beriklim tropis.

Ekstraksi daging buah kelapa sawit menghasilkan minyak mentah sawit CPO dan menjadi bahan utama pembuatan minyak goreng bahkan bahan baku industri kosmetik dan pembersih pakaian.

CPO dikenal memiliki betakaroten tinggi, tidak bau, dan rendah lemak trans. Tak heran bila minyak kelapa sawit menjadi andalan ekspor Indonesia.

Ada 7 provinsi di Indonesia tercatat sebagai penghasil kelapa sawit terbesar dengan jumlah total 40 juta ton pada 2019, di antaranya:

  1. Provinsi Riau: 9,5 juta ton
  2. Provinsi Kalimantan Tengah: 7,7 juta ton
  3. Provinsi Sumatera Utara: 5,6 juta ton
  4. Provinsi Kalimantan Barat: 5,2 juta ton
  5. Provinsi Sumatera Selatan: 4,1 juta ton
  6. Provinsi Kalimantan Timur: 3,9 juta ton
  7. Provinsi Jambi: 2,8 juta ton

Proses Ekstraksi Kelapa Sawit

Penasaran bagaimana membuat minyak kelapa sawit?

Ekstraksi kelapa sawit dimulai dari sortir dan penimbangan guna menentukan fraksi kematangan buah.

Selanjutnya kelapa sawit masuk ke fase pelumatan untuk memisahkan daging dan biji dalam Mesin Disester.

Hasil pelumatan kelapa sawit pada Mesin Disester selanjutnya akan dipress dalam Screw Press. Minyak yang dihasilkan pada fase ini masih tergolong minyak sawit kasar, mengandung air dan ampas sawit.

Setelah melewati pemurnian, maka ekstraksi sawit telah menghasilkan minyak sawit mentah (CPO) yang menjadi bahan dasar pembuatan minyak goreng, cokelat, margarin, hingga lipstik.

Selain minyak pada daging, sisa olahan berupa ampas dan tandan kosong masih bisa dimanfaatkan menjadi pupuk mulsa, rayon, dan kompos.

Dalam pengolahan minyak kelapa sawit, dapat dibilang Mesin Disester menjadi komponen penting. Mesin ini berkapasitas 3000 sampai 6000 liter dan terdiri dari sejumlah komponen atau spare part.

Bagian Mesin Disester saling berkaitan dan memiliki kegunaan masing-masing. Salah satunya adalah Expeller Arm, berfungsi sebagai pelempar lumatan berondolan sawit menuju mesin press.

Mengingat fungsi pentingnya, memilih spare part Mesin Disester tentu tak bisa sembarangan. Pasalnya, kualitas ekstraksi minyak bergantung pada kualitas spare part mesin pabrik sawit.

Melayani segala kebutuhan mesin pabrik sawit, CV. Andhy Karya menerima pesanan spare part mesin pabrik sawit dengan desain tertentu. Dengan jaminan keamanan packing, semua produk CV. Andhy Karya siap dikirimkan ke seluruh Indonesia.

Hubungi kami melalui WhatsApp (di sini) dan kunjungi laman kami (di sini) untuk pemesanan spare part  mesin pabrik sawit dan konsultasi secara gratis.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *