Bagian Mesin Digester Kelapa Sawit

Mengenal 7 Bagian Utama Mesin Digester Pabrik Kelapa Sawit

Sebagian orang mungkin bertanya, bagaimana proses pengolahan kelapa sawit menjadi bahan baku minyak goreng?

Pembuatan minyak kelapa sawit dimulai dari proses penimbangan, sortir bahan baku, perebusan, press, hingga pemurnian minyak dan pengelolaan limbah.

Di pabrik kelapa sawit, masing-masing tahapan pengelolaan disebut stasiun. Pembagian ini memudahkan kontrol kualitas dan manajemen sistem.

Salah satu tahapan penting ekstraksi buah kelapa sawit berada di dalam Mesin Digester. Mesin ini terletak di stasiun perebusan.

Mesin Digester menjadi komponen wajib di pabrik kelapa sawit. Pasalnya, mesin ini berfungsi melumatkan berondolan kelapa sawit melalui pengadukan.

Tanpa Mesin Digester, diperlukan perebusan buah kelapa sawit selama berjam-jam agar buah, kulit, dan bijinya terpisah. Mesin ini juga berfungsi membuka serat pada daging sehingga minyak yang dihasilkan maksimal.

Berkapasitas 3000 sampai 6000 liter, pelunakan buah kelapa sawit pada Mesin Digester dibantu steam injection bersuhu 90 hingga 95 derajat Celsius yang ditembakkan menuju bejana.

Di dalam bejana buah kelapa sawit terus diaduk menggunakan Stirring Arm atau pisau digester selama 20 menit.

Spare Part Mesin Digester

  1. Elektro Motor. Berfungsi sebagai tenaga utama mesin dengan mengubah energi listrik menjadi mekanik.
  2. Transmisi. Part ini berfungsi sebagai penyalur daya mesin ke bagian lainnya.
  3. Poros. Poros berfungsi sebagai tempat bagi pisau digester dan meneruskan tenaga kepada reduction gearbox.
  4. Coupling. Coupling, berfungsi sebagai penghubung poros transmisi dengan poros pengaduk.
  5. Stirring Arm. Stirring Arm atau pisau digester berfungsi sebagai pengaduk buah kelapa sawit. Bagian ini terdiri dari Short Stirring Arm dan Long Stirring Arm.
  6. Liner. Liner merupakan silinder plat baja (bejana) sebagai wadah buah kelapa sawit saat pengadukan.
  7. Expeller Arm. Expeller Arm atau pisau pelempar berfungsi melemparkan daging buah kelapa sawit menuju Mesin Screw Press.

Bingung Memilih Spare Part Pabrik Kelapa Sawit?

Mengingat fungsi pentingnya sebagai efisiensi produksi, memilih spare part mesin pabrik sawit tak bisa sembarangan.

Pasalnya, kualitas mesin menentukan kualitas minyak mentah sawit yang dihasilkan.

Memilih spare part mesin pabrik kelapa sawit berkualitas dapat memangkas ongkos produksi dan memperpanjang usia penggunaannya.

Jika Anda berencana mendirikan pabrik kelapa sawit atau membutuhkan spare part mesin pabrik kelapa sawit berkualitas, CV. Andhy Karya adalah jawabannya.

CV. Andhy Karya menerima pesanan berbagai spare part mesin pabrik sawit dengan desain sesuai kebutuhan. Dengan jaminan keamanan packing, semua produk CV. Andhy Karya siap dikirimkan ke seluruh Indonesia.

Hubungi kami melalui WhatsApp (di sini) dan kunjungi laman kami (di sini) untuk pemesanan spare part  mesin pabrik kelapa sawit dan konsultasi secara gratis.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *