Proses Peleburan Aluminium

Begini Proses Peleburan Aluminium dan Peralatan yang Diperlukan!

Kebutuhan akan produk logam sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Salah satu prosesnya adalah peleburan aluminium yang bahkan sudah dilakukan sejak zaman Praaksara.

Di zaman batu dan logam dulu, semua peralatan untuk mendukung aktivitas manusia dibuat dari logam secara tradisional.

Peleburan aluminium biasanya harus dilakukan di area khusus, dengan memperhatikan beberapa hal penting agar proses peleburan berhasil dengan sempurna.

Seperti apa proses peleburan aluminium dan peralatan apa saja yang diperlukan, selengkapnya akan dijelaskan berikut ini:

Persiapan Sebelum Proses Peleburan

Sebelum memulai proses peleburan aluminium, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, khususnya jika melakukan proses peleburan secara sederhana yaitu:

1. Menyiapkan Dapur Pelebur

Meleburkan aluminum tentunya tidak dilakukan di sembarang tempat. Setidaknya, harus menyiapkan dapur pelebur yang dirancang khusus untuk aktivitas peleburan ini.

Di dalam dapur pelebur ini, harus menggunakan bahan bakar gas (LPG). Bahan bakar tersebut nantinya digunakan untuk memanasi wadah lebur yang dilapisi bata tahan api.

2. Menyiapkan Cawan Lebur

Seperti telah disebutkan di atas, proses peleburan aluminium akan membutuhkan wadah lebur atau cawan lebur khusus.

Cawan ini akan digunakan untuk mencairkan logam aluminum yang dileburkan. Cawan lebur ini juga terbuat dari logam dan harus memiliki titik cair yang lebih tinggi dari logam aluminum yang dilebur.

3. Penumpu Cawan

Cawan lebur juga harus dilengkapi dengan penumpu agar terdapat ruang bakar di antara api dan cawan tersebut. penumpu ini menggunakan bata tahan api jenis SK 32 dengan ketahanan hingga 1710 celcius.

4. Ruangan untuk Proses Pembakaran

Proses pembakaran sebaiknya dilakukan secara berlapis. Maksudnya, dapur lebur atau dapur konstruksi tadi harus kembali dilapisi campuran semen serta bata tahan api yang tersusun rapi.

Proses Peleburan Aluminium

Setelah mengetahui beberapa hal penting yang harus dipersiapkan untuk peleburan alumunium, berikut ini proses dan langkah-langkah peleburan aluminium :

  • Dapur krusibel atau dapur lebur harus sudah disiapkan, lengkap dengan bahan bakar gas yang sudah terhubung dengan baik
  • Perhatikan kondisi cawan lebur yang sudah disiapkan, pastikan kondisinya bagus dan tidak mengalami kebocoran. Bersihkan terlebih dahulu cawan lebur agar bebas dari kotoran.
  • Proses peleburan aluminum dalam cawan lebur yang bersih tentunya akan mempengaruhi hasil akhir peleburan aluminum tersebut. pastikan cawan lebur ini sudah ditempatkan dengan baik pada dapur lebur.
  • Bahan bakar gas yang sudah siap tadi kemudian diatur dengan baik. Gunakan pemantik api untuk menghidupkan apinya dan mempercepat proses peleburan aluminium dalam cawan logam.
  • Prose peleburan akan dimulai dengan memanasi cawan leburnya, kemudian menimbang alumunium yang akan dileburkan, memasukkannya ke dalam cawan lebur dan menutup cawan tersebut.
  • Jika cawan lebur sudah panas, biasanya cawan logam ini akan mengalami perubahan warna. Alumuniumnya juga sudah menyusut dan mencair. Cairan hasil leburan tadi kemudian diaduk secara terus menerus.
  • Adapun sisa alumunium yang menciut biasanya dibuang saja. Setelah proses peleburan ini berhasil, logam aluminium telah siap memasuki tahap pengecoran logam.  

Proses peleburan logam seperti ini biasanya dilakukan pada industri-industri yang bergerak dalam bidang pengecoran logam hingga peleburan aluminium untuk berbagai kebutuhan. 

Peralatan Peleburan Aluminium TerbaikĀ 

Dari proses peleburan aluminium secara sederhana di atas, salah satu alat yang penting untuk proses tersebut adalah cawan lebur atau wadah lebur dan biasa juga disebut mangkok kowi.

Mangkok kowi ini merupakan alat yang diperlukan dalam industri pengecoran besi dan logam, hingga peleburan alumunium.  

Mangkok kowi memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari yang paling ringan sekitar 50 kg hingga mencapai 500 kg, tergantung kebutuhan industri yang bersangkutan.

Jika industri atau bisnis Anda memerlukan mangkok kowi atau cawan lebur untuk keperluan peleburan dan pengecoran logam, CV Andhy Karya menyediakan mangkok kowi dengan kualitas terbaik.

Mangkok kowi dari CV. Andhy karya tentunya dibuat dari besi berkualitas terbaik, dengan berbagai ukuran yang dapat disesuaikan kebutuhan industri Anda.

CV. Andhy Karya juga menjual produk-produk dari logam berkualitas lainnya untuk berbagai kebutuhan restoran, pabrik kelapa sawit hingga konstruksi. 

Anda juga akan menemukan beberapa produk logam seperti piring hot plate, tungku kompor untuk restoran, manhole cover, grinding ball dan lain sebagainya. 

Jika ingin melakukan order atau custom, silakan mengunjungi website CV. Andhy Karya atau lakukan pemesanan melalui WhatsApp kami sekarang!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *