Cara Perawatan Mesin Digester

3 Cara Perawatan Mesin Digester Kelapa Sawit Agar Awet

Mesin Digester menjadi salah satu komponen penting dalam pembuatan minyak kelapa sawit.

Berkapasitas 3000 sampai 6000 liter, Mesin Digester berfungsi melunakkan buah kelapa sawit sehingga memudahkan pemisahan biji dan dagingnya.

Mesin ini terletak pada stasiun perebusan di pabrik kelapa sawit. Tanpa kehadiran Mesin Digester, proses perebusan membutuhkan waktu berjam-jam.

Mesin Digester menjadi investasi jangka panjang, untuk itulah dibutuhkan perawatan rutin dan pemilihan spare part Mesin Digester berkualitas.

Apa Itu Mesin Digester?

Mesin Digester sesuai namanya digest berfungsi melunakkan kelapa sawit dengan mengaduknya 15 hingga 20 menit. Mesin ini memanfaatkan steam injection untuk menembakkan suhu 90 hingga 95 derajat celcius pada tabung silinder.

Cara Kerja Mesin Digester

Saat elektro motor dinyalakan, daya listrik akan diubah menjadi energi mekanik dan disalurkan ke komponen mesin lainnya. Setelah uap panas mencapai suhu 90 derajat, akan dialirkan melalui pipa menuju tabung silinder yang terus mengaduk kelapa sawit.

Pelunakan ini dilakukan oleh dua komponen, yaitu Stirring Arm (pisau digester) dan Fixed Blades (pisau tetap) pada Mesin Digester selama 20 menit.

Spare Part Mesin Digester

  1. Elektromotor/ motor listik, berfungsi sebagai tenaga penggerak.
  2. Gearbox, berfungsi sebagai penyalur tenaga.
  3. Coupling, berfungsi sebagai penghubung poros transmisi dengan poros pengaduk.
  4. Square Shaft, berfungsi meneruskan tenaga putaran kepada reduction gearbox.
  5. Stirring Arm, atau pisau digester befungsi sebagai pengaduk buah kelapa sawit.
  6. Liner, wadah pengaduk.
  7. Expeller Arm, atau pisau pelempar berfungsi melemparkan daging buah kelapa sawit menuju Mesin Screw Press.

3 Cara Perawatan Mesin Digester

Ada 3 cara perawatan Mesin Digester agar awet dan tahan lama. Pastikan 3 cara ini dilakukan saat mesin dalam kondisi mati. Berikut 3 cara perawatan Mesin Digester:

  1. Rutin membersihkan ampas dan dedak sawit yang menempel pada sambungan dengan cara disemprot dengan selang air bertekanan tinggi.
  2. Rutin memeriksa ikatan baut pisau digester dan Expeller Arm (pisau buang).
  3. Cek berkala kondisi Gearbox, Coupling, Expeller Arm, dan Pully.

Memilih Spare Part Mesin Pabrik Sawit

Mengurangi risiko kerusakan dan memperpanjang usia ekonomisnya, pilihlah spare part mesin pabrik sawit berkualitas, berstandar SNI, awet, dan tahan lama.

Anda membutuhkan spare part mesin pabrik sawit terbaik?

CV. Andhy Karya berdedikasi penuh lebih dari 25 tahun siap membantu Anda memilih spare part pabrik kelapa sawit berkualitas.

Lokasi Anda jauh? Tak perlu khawatir, spare part mesin pabrik kelapa sawit kami siap dan aman dikirim ke seluruh Indonesia.

Hubungi kami melalui WhatsApp (di sini) dan kunjungi laman kami (di sini) untuk pemesanan spare part  mesin pabrik kelapa sawit serta konsultasi secara gratis.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *