Logam Kuningan

Logam Kuningan: Proses Pembuatan dan Cara Membersihkannya!

Mirip emas tapi bukan emas, itulah logam kuningan. Salah satu jenis logam ini juga banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Logam kuningan umumnya banyak digunakan sebagai bahan dasar benda untuk keperluan dekorasi. Hal ini dikarenakan warna dari logam kuningan yang menarik seperti warna emas.

Selain itu, beberapa benda untuk kebutuhan konstruksi juga banyak yang terbuat dari logam emas. Begitu juga dengan beberapa alat musik juga banyak terbuat dari paduan logam seng dan tembaga ini.

Awal Mula Logam Kuningan

Logam kuningan tampaknya sudah sering digunakan sejak zaman sebelum masehi. Para pengrajin logam yang berasal dari laut Mediterania dahulu membuat logam kuningan dengan cukup mudah.

Mereka hanya perlu membedakan bijih timah seng, lalu mencampurkannya dengan logam tembaga. Benda-benda yang dibuat dari logam kuningan dulu adalah koin untuk bahan uang logam.

Semakin berkembangnya peradaban, logam kuningan mulai dikenal masyarakat di Eropa. Pada tahun 1781, logam kuningan dibuat dari tembaga dan seng untuk kebutuhan Industri.

Proses Pembuatan Logam Kuningan Kuningan

Bahan utama pembuatan logam kuningan adalah tembaga. Sebelum dicampur, kandungan tembaga dalam logam kuningan bisa mencapai 55% hingga 95%, tergantung kebutuhan.

Kemudian, kandungan logam kuningan lainnya adalah logam seng. Jumlah kandungan seng dalam kuningan sekitar 5% hingga 40% saja atau bisa diatur sesuai kebutuhan.

Dalam logam kuningan juga terdapat campuran bahan-bahan lainnya namun dalam jumlah persentase yang sedikit. Bahan tersebut seperti timbal, silicon, fosfor dan mangan.

Adapun proses pembuatan logam kuningan secara singkat sebagai berikut:

  • Proses Melting, Dimana tembaga yang sudah ditimbang lalu dileburkan dengan suhu 1050 derajat celcius. Lalu dicampurkan logam seng hingga 50% dan bahan lainnya. Hasilnya dituang kedalam cetakan hingga dingin.
  • Hot Rolling, logam yang sudah dingin lalu dipanaskan di atas tungku lalu masuk ke mesin penggilingan. Logam kuningan yang sudah dingin dimasukkan ke mesin dengan output berupa lapisan atau lempengan agak tebal .
  • Annealing dan Cold Rolling, lempengan agak tebal tadi dipanaskan kembali dengan campuran nitrogen dan ketebalannya akan berkurang hingga 2.5 mm. lalu masuk ke tahap Rolling untuk didinginkan dan telah menjadi logam kuningan yang keras dan membentuk strip kuningan.
  • Finish Rolling, proses terakhir dalam pembuatan logam kuningan sebelum akhirnya dimasukan ke gudang dan disimpan.

Karakteristik Logam Kuningan

Seperti apa karakteristik dari logam kuningan itu? Setidaknya, ada 3 jenis material logam kuningan yang populer dalam dunia perdagangan yaitu:

  • Kawat kuningan dengan kandungan tembaga sekitar 62% hingga 95% ( Brass Wire )
  • Pipa Kuningan yang memiliki kadar tembaga dari 6% hingga 90% ( Seamless brass tube)
  • Plat kuningan yang memiliki kandungan tembaga dari 60% hingga 90% ( brass sheet )

Beberapa jenis logam kuningan ini memiliki warna dan sifat kuningan yang berbeda-beda. Jika dicampur dan ditambahkan logam seng, maka warnanya bisa berubah menjadi agak merah kekuning.

Sedangkan jika dicampur dengan logam seng yang kadarnya sedikit, maka warna logam kuningan lebih tahan lama. 

Cara Membersihkan Logam Kuningan

Jika memiliki benda-benda di sekitar rumah yang terbuat dari logam kuningan, maka kamu bisa membersihkannya agar kondisi benda dari logam kuningan ini tetap memiliki warna yang menarik dan mengkilap. Adapun cara membersihkannya sebagai berikut:

  • Bersihkan dengan Sabun Cuci Piring, gosok menggunakan kain atau spons yang lembut. Baluri dengan saus tomat dan diamkan sejam lalu bilas dan keringkan dengan kain lembut
  • Bersihkan dengan air panas, logam kuningan direbus hingga noda atau sisa benda yang menempel hilang atau luntur.
  • Bersihkan dengan Brasso, cairan berbusa ini banyak diproduksi untuk membuat benda dari logam kuningan selalu mengkilap. Semprotkan brasso sedikit saja pada seluruh permukaan logam kuningan yang diinginkan , lalu lap secara perlahan
  • Logam kuningan yang tidak di pernis lebih mudah, gunakan sikat gigi, sarung tangan atau kain katun untuk mengelapnya 

Logam kuningan ternyata banyak dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari peralatan rumah tangga, aksesoris, hingga kebutuhan konstruksi bangunan. 

Khusus untuk industri konstruksi bangunan, sebaiknya menggunakan jenis logam yang paling bagus kualitasnya untuk mesin-mesin dan komponen peralatan yang digunakan. 

Barang-barang logam dengan kualitas terbaik bisa didapatkan di CV Andhy Karya. Kami menyediakan barang-barang logam seperti hot plate, grill manhole dan peralatan pemesinan. 

Hubungi kami melalui whatsapp untuk informasi produk dan pemesanan atau kunjungi website CV Andhy Karya sekarang juga.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *