Penyebab Besi Berkarat

Ini Dia 6 Penyebab Besi Berkarat yang Wajib Diketahui!

Apa yang menjadi penyebab besi berkarat sehingga membuat permukaan besi menjadi kotor dan berbau besi? Ternyata hal ini bisa terjadi secara alami dan juga karena reaksi kimia. 

Kita sering mengeluhkan mengenai beberapa benda di rumah yang tiba-tiba menjadi berkarat. Korosi tersebut membuat benda-benda ini menjadi kotor dan tidak bisa digunakan lagi.

Pada umumnya, sebuah besi menjadi berkarat karena terkena air hujan. Tetapi, beberapa faktor lain ternyata bisa menjadi penyebab besi berkarat.

Bahaya Besi Berkarat

Beberapa peralatan yang ada di rumah yang terbuat dari logam besi akan mudah berkarat. Dalam kurun waktu tertentu, karat besi akan mengalami oksidasi sehingga berwarna kuning, cokelat atau merah dan mengeluarkan bau besi.

Kondisi besi yang berkarat seperti ini sebaiknya jangan dianggap sepele. Korosi pada besi cukup berbahaya, jika masuk ke dalam tubuh kita. 

Misalnya, beberapa peralatan seperti sendok yang berkarat, jika tetap digunakan maka akan menyebabkan efek racun pada tubuh kita. Ini sangat berbahaya untuk anak-anak. 

Beberapa efek samping yang timbul karena karat besi masuk ke dalam tubuh dapat mengakibatkan sesak nafas, diare, mual hingga demam. 

Selain itu Peralatan besi yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari juga rentan berkarat. Ketika sudah mengalami korosi dan masih digunakan, maka penyakit seperti kanker dan gangguan ginjal bisa kita alami.

Penyebab besi berkarat, entah itu karena reaksi alami atau kimia juga dapat merusak perabotan rumah tangga yang mudah sekali berkarat. Perabotan ini akan cepat lapuk, rapuh hingga rusak dan tidak bisa digunakan kembali.  

Penyebab Besi Berkarat

Penyebab besi berkarat memang bukan hanya karena terkena air hujan saja. Beberapa faktor lain ternyata dapat menyebabkan besi terkorosi lebih cepat.

Dengan mengetahui penyebab besi berkarat, kita bisa melindungi benda-benda yang sering kita gunakan yang terbuat dari besi dan logam. Adapun penyebab besi berkarat sebagai berikut:

Reaksi Redoks

Terjadinya korosi atau besi berkarat itu disebabkan terjadinya reaksi redoks pada logam besi yang menjadi bahan dasar pembuatan alat-alat rumah tangga di sekitar kita. 

Logamnya akan mengalami oksidasi oleh Oksigen. Lama-kelamaan zat besi ini berubah warna menjadi coklat-merah dan menjadi karat yang kurang indah dipandang mata. 

Korosi tersebut akan mengelupas secara bertahap, dan membuat logam besi yang awalnya kuat menjadi rapuh dan lapuk.

Udara yang Lembab

Penyebab besi berkarat lainnya adalah faktor kelembaban udara. Saat suhu udara meningkat maka benda yang terbuat dari besi dan logam di sekitar kita akan cepat mengalami korosi. 

Saat suhu meningkat, partikel yang ada saat terjadi energi kinetik pada besi juga semakin besar. Itulah sebabnya besi di tempat lembab juga lebih mudah berkarat dibandingkan di tempat yang kering. 

Adanya Zat Pengotor

Besi yang berkarat mengalami reduksi tambahan, sehingga atom pada benda logam ini akan semakin teroksidasi.

Proses reduksi tambahan ini juga bisa kita lihat pada tumpukan debu karbon yang terdapat pada sisa pembakaran BBM.  Proses ini akan semakin mempercepat besi berkarat.

Kondisi Elektrolit Besi

Elektrolit yang dimaksud adalah kondisi asam dan garam  yang terkandung dalam besi atau logam untuk transfer muatan. 

Muatan elektron ini akan lebih mudah diserap dan terikat oleh oksigen udara menjadikan besi itu berkarat. 

Sebagai contoh air hujan memiliki kandungan asam, sedangkan air laut memiliki kandungan garam. Tidak heran, jika kedua jenis air ini menjadi penyebab besi berkarat lebih cepat.

Besi Tidak Dilapisi

Penyebab besi berkarat juga banyak terjadi karena benda dari besi ini tidak dilapisi pelindung. Dengan begitu, ketika terkena udara lembab dan air, kondisi besinya cepat mengalami korosi.

Agar tidak mudah berkarat, besi bisa dilapisi dengan logam, di cat atau menggunakan pelumas seperti oli dan petroleum jelly.

Kualitas Besi yang Kurang Bagus

Penyebab besi lebih mudah berkarat ternyata juga disebabkan karena kualitas dari besinya sendiri. Besi yang bagus tentunya tidak mudah berkarat. 

Besi yang sesuai standar SNI tentunya lebih berkualitas dibandingkan yang tidak. Dalam hal ini, harga besi SNI sebanding dengan kualitas yang ditawarkan agar tidak cepat mengalami korosi juga.

Tips Menghilangkan Karat Besi

Jika kamu menemukan benda-benda di sekitarmu sudah berkarat, sebaiknya tidak usah digunakan kembali. 

Namun, jika jumlah karatnya masih sedikit dan bisa dibersihkan, kamu bisa coba bersihkan menggunakan cuka Vinegar atau minuman bersoda. 

Ternyata membersihkan karat pada besi cukup mudah dilakukan dengan bahan-bahan alami tersebut. 

Selain itu, penyebab besi berkarat juga bisa dihilangkan dengan Melapisi besi dengan cat anti karat, timah atau dengan oli saja. Besi atau benda dari besi juga harus disimpan dengan baik di area yang tidak terpapar udara dan air secara langsung.

Sedang mencari benda-benda dari logam besi yang berkualitas dan tidak cepat terkorosi karena penyebab besi berkarat? beli saja produk logam besi di  CV. Andhy Karya. 

Kunjungi website CV. Andhy Karya atau chat kami lewat Whatsapp untuk konsultasi produk dan layanan kami lainnya. 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *