Mesin Digester Kelapa Sawit

Apa Itu Mesin Digester Kelapa Sawit? Ini Fungsi, Cara Kerja, dan Perawatannya

Tak sedikit yang bertanya, bagaimana ekstraksi buah kelapa sawit hingga menghasilkan bahan baku minyak goreng?

Minyak mentah sawit juga dibutuhkan industri kosmetik hingga pembersih pakaian. Ekstraksi kelapa sawit dikenal sebagai minyak nabati rendah lemak trans, tak heran kelapa sawit menjadi andalan ekspor Indonesia.

Salah satu fase terpenting dalam ekstraksi minyak sawit adalah perebusan atau pelunakan. Apabila dilakukan secara tradisional, perebusan membutuhkan waktu berjam-jam.

Sebagai langkah efisiensi, mayoritas pabrik kelapa sawit menggunakan Mesin Digester untuk melunakkan berondolan sawit.

Apa Itu Mesin Digester?

Mesin Digester kelapa sawit umumnya berkapasitas 3000 sampai 6000 liter, berfungsi melunakkan buah kelapa sawit melalui steam injection sehingga memudahkan pemisahan biji dan dagingnya.

Mesin Digester berperan penting dalam ekstraksi buah kelapa sawit. Pasalnya, kulit sawit amat keras, sehingga tanpa Mesin Digester diperlukan perebusan yang memakan waktu lama.

Cara Kerja Mesin Digester

Sesuai namanya, digest atau aduk, Mesin Digester digunakan untuk mengaduk sehingga membuka serat buah kelapa sawit serta terpisah daging dan bijinya.

Mula-mula Mesin Digester dipanaskan 90 sampai 95 derajat. Suhu panas kemudian dialirkan melalui pipa untuk melunakkan buah kelapa sawit.

Pelunakan ini dilakukan oleh dua komponen, yaitu Stirring Arm (pisau digester) dan Fixed Blades (pisau tetap) pada Mesin Digester selama 15 hingga 20 menit.

Meskipun disebut pengadukan, namun kelapa sawit dalam Mesin Digester tidaklah diputar, melainkan dibenturkan kepada Fixed Blades.

Hasilnya berupa daging buah kelapa sawit yang terbuka serat-seratnya sehingga memudahkan pemerasan pada mesin Screw Press.

Komponen Mesin Digester

  1. Elektromotor/ motor listik, berfungsi sebagai tenaga penggerak.
  2. Gearbox, berfungsi sebagai penyalur tenaga.
  3. Coupling, berfungsi sebagai penghubung poros transmisi dengan poros pengaduk.
  4. Square Shaft, berfungsi meneruskan tenaga putaran kepada reduction gearbox.
  5. Stirring Arm, atau pisau digester befungsi sebagai pengaduk buah kelapa sawit.
  6. Liner, wadah pengaduk.
  7. Expeller Arm, atau pisau pelempar berfungsi melemparkan daging buah kelapa sawit menuju Mesin Screw Press.

Perawatan Mesin Digester

Mesin Digester kelapa sawit menjadi investasi jangka panjang. Kualitas minyak ekstraksi kelapa sawit sangat bergantung pada kualitas Mesin Digester dan spare part di dalamnya.

Untuk itu diperlukan perawatan rutin, di antaranya membersihkan sisa ampas dan dedak sawit yang menempel pada sambungan menggunakan semprotas bertekanan tinggi.

Hal ini agar tidak ada kerak yang dapat menghambat kerja mesin dan menurunkan kualitas minyak yang dihasilkan.

Selain itu, rutin cek baut pada pisau digester dan Expeller Arm adalah hal yang harus dilakukan. Pastikan kondisi mesin dalam keadaan mati dan cek berkala minimal dilakukan satu minggu sekali.

Anda membutuhkan spare part pabrik mesin kelapa sawit terbaik dan aman dikirim ke seluruh Indonesia?

CV. Andhy Karya sebagai perusahaan pengecoran logam dan permesinan yang telah berpengalaman lebih dari 25 tahun menjadi pilihan terbaik mendapatkan spare part mesin pabrik sawit berkualitas, kuat, tidak mudah berkarat, dan melewati Quality Control (QC) yang ketat.

Hubungi kami melalui WhatsApp (di sini) dan kunjungi laman kami (di sini) untuk pemesanan spare part  Mesin Disester dan Screw Press serta konsultasi secara gratis.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *