Pembatas Jalan

Pentingnya Pembatas Trotoar dan Jalan

Apa pentingnya pembatas trotoar dan jalan yang sering kita lihat saat berkendara? Pembatas-pembatas tersebut tentunya memiliki fungsi khusus dalam melancarkan perjalanan di kota kecil hingga kota besar.

Trotoar seharusnya dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pejalan kaki. Trotoar juga membuat kondisi jalan raya di sebelahnya menjadi lebih tertib saat dilewati kendaraan.

Begitu juga dengan jenis-jenis pembatas jalan yang sering digunakan untuk melancarkan kemacetan yang terjadi atau pemindahan jalur secara mendadak.

Keberadaan trotoar dan pembatas jalan tentunya menjadi dua hal penting, dengan fungsinya masing-masing. seperti apa pentingnya pembatas trotoar dan jalan itu ya?

Pembatas Jalan Adalah

Pembatas jalan atau road barrier adalah beberapa benda penting yang biasanya digunakan di jalan raya atau jalan di setiap kota dengan berbagai fungsinya.

Pada umumnya, fungsi pembatas jalan ini adalah untuk menghindari kemacetan, mengontrol arus lalu lintas, memberikan tuntunan arus dan menghambat jika ada lokasi yang sedang tidak boleh dilewati.

Pentingnya pembatas trotoar dan Jalan yang biasanya digunakan terdiri dari berbagai jenis, sebagai berikut:

  • Pembatas jalan beton ( Road barrier beton ), pembatas jalan yang terbuat dari pengecoran beton bersifat paling kuat dan bisa meminimalisir kecelakaan di jalan raya
  • Pembatas jalan fiber ( Road barrier fiber ), pembatas jalan ini terbuat dari bahan fiber yang bukan hanya untuk keselamatan di jalan, tapi juga untuk keindahan dan sangat terlihat jelas ketika malam hari
  • Pembatas jalan plastic ( Road barrier plastik ), pembatas jalan dengan warna yang terang dan biasanya dijadikan rambu di jalan berukuran 100 x 80 x 48 cm dengan bahan plastic yang ringan.

Trotoar Adalah

Selain pembatas jalan, hal penting yang ada di jalan adalah Trotoar. Trotoar merupakan jalur khusus yang memisahkan antara pejalan kaki dengan jalan raya.

Dalam artian, posisi trotoar ini biasanya sejajar dengan jalan dengan posisi yang lebih tinggi dari permukaan jalan. 

Pentingnya pembatas trotoar dan Jalan yang sudah dibangun, untuk keselamatan para pejalan kaki saat berjalan di wilayah tertentu.

Bisa dibayangkan jika trotoar tidak dibuat di setiap pembangunan jalan raya, maka para pejalan kaki bisa bercampur dengan kendaraan, sehingga memperlambat arus lalu lintas sekitar jalan tersebut.

Belum lagi keselamatan para pejalan kaki yang mungkin terancam diserobot kendaraan, seperti beberapa kasus pejalan kaki diserobot kendaraan hingga meninggal dunia.

Pentingnya pembatas trotoar dan Jalan yang  utama untuk pelayanan para pejalan kaki agar lebih nyaman dan aman saat berjalan sekitar jalan raya.

Trotoar juga dapat membantu kelancaran lalu lintas karena kendaraan dan pejalan kaki berjalan dengan terpisah.

Trotoar biasanya dibuat sesuai dengan lokasi jalan raya atau jalan tertentu di wilayah perkotaan yang berpotensi mengundang banyak pejalan kaki. Beberapa lokasi tersebut seperti:

  • Jalan dengan rute angkutan umum di kota besar seperti Jakarta dan Bandung misalnya
  • Wilayah perkotaan yang padat penduduknya
  • Jalan-jalan di pusat perbelanjaan, sektor industri, hingga area sekitar pasar
  • Lokasi ramai pengunjung seperti Stasiun, Rumah sakit, Lapangan olah raga, Sekolah, Masjid Agung dan lain sebagainnya.
  • Pembangunan trotoar juga tidak bisa sembarangan. Pembatas antara pejalan kaki dengan kendaraan di jalan ini harus ditempatkan di bagian sisi luar bahu jalan. Trotoar sebaiknya juga dibuat sejajar jalan.

Pentingnya Pembatas Trotoar dan Jalan

Setelah mengetahui pengertian dari Trotoar dan Pembatas Jalan, lalu apa pentingnya pembatas trotoar dan jalan itu?

Melihat dari fungsinya masing-masing, pembatas trotoar maupun pembatas jalan memiliki peran penting, khususnya untuk keselamatan para pejalan kaki dan kelancaran lalu lintas. 

Khusus untuk pembatas trotoar, jika kita perhatikan, posisinya dibuat lebih tinggi yaitu sekitar 15 cm di bagian luar bahu jalan.

Dengan lebar sekitar 1.5 meter, dan ada juga yang sudah dilengkapi dengan ubin pemandu untuk penyandang disabilitas ( batas kuning ), juga dilengkapi lampu dan kursi khusus.

Semua fasilitas ini dibuat benar-benar untuk memberikan kenyaman dan rasa aman, baik kepada para pejalan kaki, hingga pengguna kendaraan. 

Fasilitas seperti ini tentunya harus bisa bertahan lama dan menggunakan bahan-bahan berkualitas terbaik. 

Pembangunan fasilitas seperti pentingnya trotoar dan pembatas jalan ini biasanya dibangun oleh pemerintah setempat.

Hendak memulai proyek pembangunan dari Instansi Pemerintah, untuk mendukung pentingnya trotoar dan pembatas jalan dan membutuhkan mesin-mesinya? 

Silahkan hubungi CV. Andhy Karya untuk konsultasi produk-produk yang dibutuhkan. Kunjungi juga websitenya sekarang di sini. 

 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *