Cara Cor Logam

Ini Dia 4 Cara Cor Logam Sebelum Menjadi Produk Logam Berkualitas

Bagaimana cara cor logam dalam industri pengecoran? Yang pasti hasil dari proses ini menciptakan benda-benda untuk industri yang berkualitas dan tahan lama.

Benda dari hasil pengecoran logam biasanya cukup mudah kita jumpai di lingkungan sekitar. Misalnya saat makan Steak yang disajikan dalam konsep Hot plate yang terbuat dari cor logam.

Kemudian, saat kita sedang berjalan kaki di atas trotoar, kita bisa melihat penutup lubang drainase yang merupakan benda hasil pengecoran logam.

Cara cor logam tentunya merupakan serangkaian proses tertentu yang dilakukan oleh ahlinya untuk membuat benda-benda logam berbagai fungsi.

Apa Itu Pengecoran Logam?

Pengecoran logam merupakan serangkaian proses untuk membentuk zat tertentu menggunakan sebuah cetakan. Zat tersebut umumnya merupakan logam cair yang dituangkan ke cetakan-cetakan khusus.

Cetakan-cetakan ini umumnya berongga dan berlubang dengan bentuk yang geometris sesuai keinginan. cairan tersebut kemudian dibiarkan dingin hingga membentuk Ingot dan shapes yang dipadatkan.

Selanjutnya, ingot ini akan dibentuk lagi menjadi bentuk lebih sederhana dengan melewati proses penempaan dan lain sebagainya, hingga membentuk benda geometri tahap akhir.

Cara cor logam yang akan kita bahas dalam artikel ini adalah menggunakan teknik Casting iron atau teknik cor logam itu sendiri.

Proses pengecoran logam tentunya membutuhkan bahan dasar tertentu. Sejak zaman kuno , beberapa bahan dasar untuk industri pengecoran yang sering digunakan seperti berikut:

  • Besi (Steel)
  • Besi kelabu (Gray iron)
  • Alumunium
  • Besi cor ulet (Ductile iron)
  • Tembaga (Cooper)
  • Seng (Zinc)

Cara Cor Logam dengan Teknik Pengecoran

Setelah mengetahui bahan-bahan dasar pembuatan cor logam, berikut ini cara cor logam dengan teknik casting iron:

Membuat Pola

Cara cor logam yang pertama adalah dengan membuat pola  atau replika yang biasanya dibuat dari bahan plastic logam, plester dan kayu.

Proses pembuatan pola ini dibuat sesuai kebutuhan. Pastikan ukurannya sudah sesuai, baik itu panjang, lebar, atau diameter lingkaran jika membuat pola berbentuk bulat.

Pembuatan Cetakan

Cara cor logam berikutnya adalah membuat cetakan berongga. Proses ini cukup banyak tahapannya, karena pola yang tadi sudah dibuat benar-benar akan dibentuk cetakanya.

Kemudian, jenis cetakan tersebut juga bisa berbeda-beda sesuai dengan jenis pengecoran yang akan dilakukan. Misalnya pengecoran pasir akan menggunakan pasir untuk membuat cetakannya.

Pencairan Bahan

Proses berikutnya dalam cara cor logam adalah proses pencairan bahan. Bahan cair ini akan dipanaskan terlebih dulu di atas tungku. Setelah siap, dileburkan serta dituangkan di area rongga cetakan tadi.

Penuangan Cairan ke Rongga

Kemudian cara col logam berikutnya adalah penuangan cairan cor yang sudah dipanaskan tadi ke dalam cetakan rongga yang sudah dibuat.

Lakukan penuangan cairan dengan baik dengan sedikit gravitasi dan tekanan tinggi. Lalu cetakan atau gips ini akan dibiarkan mengeras sebelum dikeluarkan dari cetakannya.

Pengeluaran Produk dari Cetakan

Setelah mengeras, produk atau bentuk dari cetakan berongga sudah bisa dikeluarkan dan dibiarkan terlebih dulu untuk proses pendinginan.

Selama proses ini, produk akan dibersihkan dari sisa-sisa bahan, bagian yang kasar akan dibersihkan, dipangkas dan dibuat sesuai bentuk yang diinginkan.

Cara cor logam yang dilakukan tersebut bisa saja mengalami kegagalan. Maka dari itu, supaya proses pengerjaannya sukses, perlu diperhatikan beberapa hal berikut:

  • Persiapkan cetakan pola dengan benar, mulai dari ukuran panjang lebar dll
  • Proses peleburan dan penuangan logam cairnya juga harus sesuai dan pas dengan cetakan yang dibuat
  • Proses pemadatan dan pendinginan juga menggunakan suhu kamar, tidak perlu terlalu dingin
  • Setiap proses cara cor logam ini dicatat dan dilakukan inspeksi

Perusahaan Pengecoran Logam Terbaik

Semua tahapan cara cor logam tadi biasa dilakukan oleh perusahaan pengecoran logam yang membuat alat-alat dari logam dan permesinan.

Salah satu perusahaan pengecoran logam ini adalah CV. Andhy Karya yang berlokasi di Klaten,  Jawa Tengah. 

Dalam proses pengecoran di sini, bahan dasar yang digunakan seperti besi, kuningan, bronze dan lain sebagainya.

CV. Andhy Karya menerima pesanan untuk pembuatan produk logam dari berbagai industri, instansi pemerintah, hingga untuk kebutuhan bisnis UKM dengan pengalaman selama 25 tahun.

Beberapa produk logam yang sudah diproduksi perusahaan pengecoran logam Jawa Tengah ini seperti piring Hot plate, spare part Kelapa sawit, Grill manhole dan lain sebagainya. 

Anda membutuhkan beberapa produk pengecoran logam berkualitas seperti di atas? Serahkan pada ahli yang meguasai cara cor logam seperti CV. Andhy karya.

Kunjungi website kami untuk informasi lengkap seputar produk pengecoran logam yang dibuat atau lakukan pemesanan sekarang melalui WhatsApp kami. 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *