Mengenal Grinding Ball

Mengenal Grinding Ball dan Alat Penggiling Lainnya Pada Mesin

Grinding ball merupakan suatu alat penggiling yang banyak ditemukan pada industri semen dan batu bara. 

Alat ini bersama dengan alat pemecah material lainnya merupakan komponen penting dalam mesin pengolahan industri ini.

Industri semen dan batu bara melakukan pengolahan material-material alam untuk bahan bakar industri hingga pembangkit listrik.

Grinding ball biasanya terbuat dari hasil pengecoran logam besi terbaik, sehingga mampu bekerja dengan baik dalam menghaluskan material alam untuk keperluan industri. 

Apa itu grinding ball dan di mana bisa mendapatkan grinding ball dengan kualitas terbaik untuk kebutuhan industri, berikut ulasan selengkapnya

Apa Itu Grinding Ball?

Grinding Ball ( ball mill ) merupakan alat yang digunakan pada mesin dengan fungsi untuk menggerus hingga menggiling batuan atau material alam sejenis agar teksturnya semakin halus.

Grinding ball umumnya banyak digunakan pada industri semen untuk menggerus bahan baku awal hingga menjadi sangat halus.

Awalnya, grinding ball yang sering digunakan beberapa industri di Indonesia, masih menggunakan grinding ball impor karena belum banyak tersedia di Indonesia.

Namun, semakin berkembangnya teknologi dan industri, grinding ball sudah banyak diproduksi oleh industri pengecoran logam berkualitas lokal asli indonesia. 

Macam-Macam Alat Penggiling Lainnya

Sebelum membahas mengenai grinding ball untuk industri, berikut ini macam-macam alat pemecah atau crusher atau mill yang sering digunakan dalam industri batu bara dan semen:

Jaw Crusher

Jaw crusher merupakan alat pemecah yang digunakan untuk menghimpit suatu material hingga hancur dan halus . Material yang dihancurkan biasanya sejenis batu bata yang bertektur keras.

Jaw crusher yang berbentuk 2 rahang ini akan bekerja untuk menghancurkan material yang dimasukan ke dalam 2 rahang ini. Sebelum dihancurkan material akan dikompresi hingga materialnya hancur.

Impact Crusher

Selain grinding ball alat pemecah selanjutnya yang dikenal dalam industri semen dan batu bara adalah impact crusher atau alat tumbukan.

Fungsi impact crusher adalah untuk menghancurkan jenis-jenis material alam seperti batu kali dan batu gunung yang berukuran tidak terlalu besar, menjadi bentuk yang lebih kecil lagi.

Tumbukan pada alat impact crusher ini bekerja seperti rotasi, dengan kecepatan rpm yang cukup tinggi. Material dengan ukuran sedang kemudian akan dihancurkan membentuk material yang lebih kecil.

Cone Crusher

Material seperti batu atau bijih kertas yang bersifat setengah keras biasanya dipecahkan dengan cone crusher. Beberapa batu alam untuk aspal juga juga dipecahkan alat ini dan membentuk kotak yang sama.

Cara kerja mesin cone crusher ini adalah kinerja dari poros dan cone crushing itu sendiri. Keduanya akan berayunan dan permukaan dinding akan mendekat pada Roll mortar. Saat tersebut, bijih besi dan batu sekalipun bisa hancur dengan alat ini.

Shredder Crusher

Selain grinding ball, shredder crusher juga menjadi alat penghancur untuk keperluan industri semen dan batu bara, hingga berbentuk serpihan kecil.

Material yang dihancurkan menggunakan alat ini biasanya bukan material alam melainkan material limbah dari elektronik, otomotif, cat, plat logam dan kertas karton.

Prinsip kerjanya seperti pisau potong yang akan memotong semua material dengan sistem rotary yang menggunakan gigi pisau dalam jumlah banyak hingga material membentuk serpihan.

Hammer Mill

Sesuai namanya, hammer mill yang berbentuk palu ini juga menjadi alat pemecah atau penghancur untuk material yang berukuran besar seperti bongkahan batu hingga menjadi ukuran kecil.

Terdapat beberapa bagian penting dalam hammer mill. Seperti lebih canggih dari grinding ball, alat ini memiliki motor penggerak dan memiliki bagian penghancur berbentuk palu yang berputar.

Proses pemecahan bongkahan ini terbilang cepat dan hasilnya juga maksimal, berupa material yang lebih kecil.

Grinding Ball

Jika alat-alat sebelumnya dikenal sebagai alat pemecah dan penghancur material dalam industri semen dan batu bara, maka grinding ball digunakan sebagai penggilingan dan pencampuran material tersebut.

Grinding ball digunakan dalam suatu mesin agar ukuran material menjadi sama dan terpisah dari kandungan air yang mungkin masih tersisa dari proses tersebut.

Prinsip kerja dari grinding ball ini adalah melakukan penggilingan dengan gaya yang menekan ke bawah dengan putaran diantara roller dan grinding table.

Pesan Grinding Ball Berkualitas 

CV. Andhy Karya merupakan perusahaan pengecoran logam, yang memproduksi dan menjual produk-produk logam berkualitas untuk kebutuhan industri di tanah air.

Beberapa produk yang kami jual diantaranya peralatan untuk mesin kelapa sawit, piring hot plate untuk kebutuhan restoran hingga grinding Cylpebs untuk keperluan industri semen dan batu bara.

Grinding Cylpebs yang kami jual umumnya berbentuk bola dan terbuat dari bahan pengecoran logam baja berbentuk diamond 120 kerucut dengan tingkat kekerasan tertentu.

Grinding ball tersebut berfungsi untuk menggerus pada mesin penggerus atau tube mill agar material besar menjadi lebih kecil dan halus sesuai kebutuhan industri.

Pesan grinding ball berkualitas di CV. Andhy Karya sekarang juga melalui website atau WhatsApp kami sekarang! 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *