Perbedaan Besi dan Baja

Ini Dia 6 Perbedaan Besi dan Baja yang Wajib Diketahui!

Perbedaan besi dan baja terkadang cukup sulit untuk diketahui, mengingat keduanya merupakan logam yang kokoh dan juga kuat.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering menemukan benda yang terbuat dari besi atau dari baja, namun keduanya tampak sama saja.

Perlu diketahui, bahwa besi dan baja bukanlah zat yang sama, baik dalam rupa, karakter, hingga sifatnya keduanya memiliki perbedaan. Lantas apa saja perbedaan besi dan baja?

Apa Itu Besi?

Sebelum kita membahas mengenai perbedaan besi dan baja, kita ketahui terlebih dahulu pengertiannya masing-masing.

Besi merupakan suatu unsur murni yang berdiri sendiri. Besi merupakan logam yang memiliki karakter kuat dank eras, serta banyak manfaatnya dalam kehidupan.

Unsur besi yang ada di bumi juga melimpah, sehingga besi begitu mudah dikenali dan banyak digunakan. Salah satu jenis besi alloy adalah yang paling sering digunakan sebagai bahan baku untuk industri konstruksi.

Begitu juga dengan berbagai peralatan serta perangkat yang sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, kebanyakan terbuat dari besi tempa yang dicampur material lainnya.

Apa Itu Baja?

Sebelum membahas perbedaan besi dan baja, kita juga harus tahu terlebih dahulu mengenai logam baja secara detail, yang sering dianggap sama dengan logam besi.

Baja adalah unsur yang tercipta dari pengembangan unsur besi ( Fe ) yang banyak digunakan di bumi. Perpaduan dari besi dan karbon atau beberapa elemen lainnya dapat menghasilkan baja.

Baja dikenal dengan kekuatan tariknya yang tinggi serta biaya produksi yang rendah. Dalam industri konstruksi bangunan, baja menjadi komponen utama yang wajib ada.

Begitu juga dengan infrastruktur, kapal, mobil, senjata, peralatan, banyak menggunakan logam baja. Baja bukan unsur yang berdiri sendiri seperti hal nya besi.

Struktur baja yang kuat tapi lebih ringan dari besi ini dikarenakan kandungan karbon yang berada di dalamnya. Namun, penggunaan karbon yang dibutuhkan hanya sekitar 2.1 % saja. Karbon yang berlebihan malah bisa membuat baja menjadi mudah rapuh.

Logam baja juga terdiri dari unsur paduan lainnya seperti nikel, mangan, dan chromium. Unsur paduan ini juga menyebabkan baja dikenal dengan ketahanan serta anti karat dan permukaanya tetap mengkilap.

Ada yang pernah melihat jembatan London atau Menara Eiffel secara langsung? Kedua landmark ini juga mengandung logam baja sehingga keduanya kuat berdiri hingga saat ini.

Perbedaan Besi dan Baja

Setelah memahami pengertian dari besi dan baja, saatnya kita membahas apa perbedaan besi dan baja yang mungkin belum kita ketahui. Berikut ulasannya:

Pembentukan

Perbedaan besi dan baja yang pertama dilihat dari pembentukannya. Besi merupakan unsur murni yang terbentuk sendiri, sementara baja terbuat dari paduan besi, karbon dan unsur lainnya.

Jenisnya

Perbedaan besi dan baja berikutnya adalah dari jenisnya. Besi terdiri dari besi cor, besi tempa dan juga baja. Semnetara jenis baja berupa karbon metalik dan logam campuran.

Anti Korosi

Besi dapat teroksidasi dengan cepat sehingga lebih mudah berkarat. Sementara pada baja, beberapa elemen yang berbeda dalam kandungannya membuat baja lebih anti karat.

Permukaan

Perbedaan besi dan baja juga dapat dilihat dari permukaannya. Permukaan besi terlihat berkarat, sementara baja lebih mengkilap.

Keberadaannya

Perbedaan besi dan baja tentunya dapat dilihat dari keberadaanya. Logam besi tersedia secara alami di bumi ini, sementara logam baja harus diproses terlebih dahulu.

Penggunaan

Logam besi dan baja juga tampak berbeda dari segi penggunaanya. Logam besi lebih banyak digunakan untuk bangunan, peralatan, perangkat hingga kendaraan.

Sementara logam baja cukup banyak kegunaanya, seperti untuk kebutuhan konstruksi bangunan, rel kereta api, mesin mobil, peralatan rumah tangga dan lain sebagainnya.

Industri Pengecoran Logam Terbaik

Mengetahui perbedaan besi dan baja cukup penting bagi pemilik beberapa industri dan konstruksi, agar dapat memilih produk logam besi atau baja yang berkualitas. 

Berbicara mengenai kualitas terbaik, CV. Andhy Karya sebagai perusahaan pengecoran logam terbaik di Jawa tengah juga mengutamakan kualitas terbaik untuk setiap produk logamnya. 

CV. Andy Karya menyediakan peralatan logam untuk permesinan kelapa sawit, produk logam cast iron untuk restoran, tungku kompor untuk restoran Chinese food, hingga Grill Manhole / Manhole Cover dengan kualitas terbaik. 

Untuk kebutuhan produk cor logam, kami siap menjadi partner terbaik Anda. Jangan ragu menghubungi pengecoran logam CV. Andhy Karya yang berlokasi di Ceper, Klaten. Konsultasi Sekarang.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *