Macam Macam Aluminium

Kenali Macam-macam Aluminium dalam Industri dan Konstruksi

Macam-macam aluminium yang digunakan dalam berbagai sektor industri dan konstruksi dibuat sesuai dengan kebutuhan.

Sebagai bahan material utama dalam proyek konstruksi atau industri, memilih aluminium yang tepat dan sesuai dapat menentukan keberhasilan proyek tersebut.

Hal ini tentunya sudah dibuktikan dalam beberapa industri besar yang ada di tanah air maupun di seluruh dunia.

Pembuatan pesawat terbang, pembangunan gedung, perakitan komputer, di mana semuanya menggunakan bahan aluminium terbaik, sehingga bisa bekerja secara maksimal.

Apa itu logam aluminium dan apa saja macam-macam aluminium yang biasanya digunakan dalam beberapa proyek konstruksi hingga industri, berikut ulasan selengkapnya:

Logam Aluminium Adalah

Di planet Bumi, aluminium adalah salah satu logam yang jumlahnya sangat melimpah. Hal ini membuat logam aluminium banyak digunakan dengan biaya yang lebih hemat untuk suatu proyek.

Karena jumlahnya yang melimpah, aluminium menjadi material yang bisa dicampurkan dan diproses bersama logam lainnya, karena dapat meningkatkan sifat logam dasar.

Namun, untuk mencampurkan dan memunculkan aluminium sebagai sifat logam dasar, harus menggunakan macam-macam aluminium yang sesuai untuk suatu proyek yang membutuhkan logam ini.

Aluminium yang memiliki nomor unsur atom 13 dalam unsur Kimia ini, juga termasuk jenis logam yang ringan, serta dapat menghantarkan listrik lebih baik dari pada tembaga yaitu hingga 60%.

Logam aluminium juga reaktif, sehingga lebih mudah mengalami oksidasi dengan oksigen. Oleh karena itu, aluminium juga sering disebut oksida. Logam ini sifatnya tahan karat, ringan, kuat , serta mudah dibentuk.

Macam-Macam Aluminium

Sangat mudah untuk menemukan perabotan rumah tangga yang terbuat dari aluminium seperti panci misalnya.

Begitu juga dengan pembuatan badan pesawat, mesin-mesin industri minyak kelapa sawit, peralatan makan industri kuliner dan lain sebagainnya, menggunakan campuran macam-macam aluminium yang berbeda.

Berikut ini macam-macam aluminium yang sering digunakan:

1. Aluminum Manganese Alloy

Macam-macam aluminium yang pertama adalah aluminium Alloy seri 3000. Jenis logam ringan yang satu ini juga sering disebut Al-Mn karena memang bersifat anti karat dan dapat meningkatkan titik lebur.

Jenis aluminium yang satu ini sering ditemukan pada komponen sistem pembuangan hingga suku cadang untuk mesin pesawat.

2. Aluminum Murni

Ini merupakan jenis aluminum dengan tingkat kemurniaan sekitar 99.0 % artinya tidak ada campuran bahan kimia lainnya dalam aluminum murni ini.

Aluminium murni merupakan jenis logam yang tahan lama, ringan, lunak, sehingga mudah dibentuk. Logam murni ini juga memiliki kekuatan tensil hingga 90 Mpa.

3. Aluminium Tembaga Alloy

Macam-macam aluminum berikutnya adalah tembaga alloy. Jenis aluminum yang satu ini memiliki sifat yang kuat dank eras. Kekuatannya mirip seperti baja lunak, tetapi lebih mudah rapuh dan berkarat.

Dalam penggunaanya, aluminium tembaga alloy yang juga merupakan campuran dari alumunium seri 2000, sering disebut duraluminium dan digunakan dalam konstruksi sambungan keling juga konstruksi pesawat terbang.

4. Aluminum Silicon Alloy

Selanjutnya ada macam-macam aluminium jenis silicon alloy, yang memiliki kandungan silikon yang bersifat keras. Aluminium ini sering dibekukan dan dalam prosesnya tidak ada retakan.

Hal tersebut membuat aluminium silikon alloy ini juga banyak digunakan dalam kegiatan pengelasan yang mencampurkan bahan logam las dengan aluminium ini.

5. Aluminum Magnesium Alloy

Beberapa bahan konstruksi hingga tangki besi untuk penyimpanan gas alam, banyak menggunakan macam-macam aluminium magnesium alloy atau Al-Zn.

Magnesium menjadi campuran yang membuat logam aluminum menjadi berfungsi dengan baik, sekalipun dalam temperatur rendah, dan anti karat meskipun disimpan di area air laut sekalipun.

6. Aluminum Lithium Alloy

Macam-macam aluminium selanjutnya adalah Lithium yang merupakan campuran aluminium dengan mengurangi massa jenis dan elastisitas hingga 4%.

Karena tingkat reaktivitas litium yang cukup tinggi dan kurang hemat dalam hal biaya keselamatan kerja, maka jenis lithium ini tidak diproduksi lagi.

7. Aluminum Seng Alloy

Jenis aluminium campuran seri 7.000 ini tentunya memiliki tingkat kekuatan yang paling tinggi dibandingkan jenis aluminium lainnya. Ultra-duralumin ini digunakan dalam komponen badan dan sayap pesawat terbang. 

Macam-macam aluminum dalam jenis yang berbeda tersebut, digunakan sesuai dengan fungsi dan tujuannya untuk membentuk peralatan kerja yang baik bagi kehidupan manusia. 

Sedang mencari produk-produk dari pengecoran logam berkualitas untuk kebutuhan mesin kelapa sawit, peralatan untuk restoran dan bisnis kuliner, hingga kebutuhan dekorasi taman dan stang patahan untuk atraksi bela diri, semuanya ada di CV. Andhy karya. 

Kunjungi website kami di sini untuk informasi lebih lanjut, atau hubungi dan berkonsultasi dengan kami melalui WhatsApp untuk melakukan pemesanan atau bertanya macam-macam aluminum yang digunakan dalam peralatan atau produk yang dijual. 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *