Mengenal Besi Dragon

Mengenal Besi Dragon Sebagai Stang Patahan Karate dari Logam

Pelatih dan anggota beladiri seperti karate, taekwondo, hingga pencak silat mungkin sudah tidak asing dengan besi dragon untuk atraksi bela diri yang sering dipatahkan.

Meskipun terbuat dari pengecoran logam besi, besi jenis ini memang bisa dipatahkan. Namun, hal tersebut dilakukan hanya oleh orang tertentu yang sudah menjalani pelatihan terlebih dahulu.

Pada atraksi bela diri, stang patahan dari besi dragon ini biasanya disediakan untuk menguji kekuatan bela diri para anggota. Stang patahan dipatahkan menggunakan kaki, tangan, hingga jari sekalipun.

Seperti apa besi dragon yang berbentuk seperti pipa pompa dan banyak digunakan dalam atraksi seni bela diri seperti karate itu? Berikut ulasannya:

Kekuatan Besi Dragon untuk Stang Patahan Karate

Jenis besi dragon atau pompa besi dragon ini memang dibuat tidak sekuat logam besi pada umumnya. Logam dragon terbuat dari Gray Cast Iron atau besi cor kelabu.

Besi cor kelabu tersebut dibuat melalui proses pengecoran yang harus melewati beberapa tahap pengerjaan.

Besi cor kelabu akan diperoleh dari proses pendinginan yang lambat dan menimbulkan dekomposisi sementit. 

Kemudian dalam proses tersebut ditambahkan sebanyak lebih dari 2% Si ( Silikon ) ke dalam besi cor. 

Si akan mudah larut dalam zat Fe ( besi ) juga C, dan zat C akan menjadi bebas dan membentuk C bebas ( grafit ).

Besi dragon memang tepat digunakan dalam seni bela diri dan atraksi adu kekuatan para anggotanya, karena jenis besi dragon berbentuk stang ini memang mudah dipatahkan dengan kekuatan tertentu. 

Karakteristik Besi Dragon

Besi dragon untuk stang patahan karate ini dinilai merupakan jenis logam besi yang mudah dipatahkan dibandingkan jenis logam besi lainnya. Hal tersebut karena besi dragon memiliki beberapa karakteristik seperti:

  • Memiliki permukaan patahan yang berwarna kelabu
  • Memiliki sifat mekanik yang lemah dan getas saat menerima beban tarik, tapi kuat saat menerima beban tekan
  • Memiliki komposisi 2.5 – 3.75% C ( Karbon ), 1- 2.5% Si ( silicon ), 0.4 – 1% Mn ( mangan ), 0.05-0.12% S ( belerang ), 0.1 – 1% P ( Phosphorus )
  • Memiliki struktur mikro yang terdiri dari perlit, ferit, C bebas ( grafit serpih ) dengan matriksnya berupa ferit, perlit
  • Memiliki fluiditas yang tinggi khususnya dalam temperatur pengecoran
  • Kualitas penyusutannya rendah
  • Dapat meredam getaran yang tinggi
  • Mampu untuk menyimpan panas
  • Tidak cepat mengalami aus
  • Dan dapat melumasi sendiri

Beberapa karakteristik tersebut di atas, juga menyebabkan besi dragon berupa stang patahan karate ini menjadi lebih mudah untuk dipatahkan.

Meskipun begitu, besi dragon ini hanya bisa dipatahkan dengan suatu teknik yang tepat. Teknik tersebut menggunakan kekuatan atau power dan tenaga yang cukup dan dapat dilakukan jika para anggota karate sudah terlatih.

Stang Patahan Karate Berkualitas  dari CV Andhy Karya 

Sebagai salah satu industri pengecoran logam terbaik di Jawa tengah, CV. Andhy Karya memproduksi dan menjual stang patahan karate untuk kebutuhan para atlet berlatih bela diri.

Stang patahan karate dari besi dragon ini umumnya terbuat dari baja coran , sehingga sudah memiliki uji kekuatan yang mumpuni dan berkualitas.

CV. Andhy Karya menjual beberapa tipe stang patahan karate untuk atraksi bela diri, yaitu tipe R1/2, R1, R3, R4 hingga stang patahan dengan model plat.

Tipe-tipe stang besi patahan tersebut berbeda-beda tergantung dengan tingkat ketebalan yang diinginkan.

Tipe stang patahan R juga umumnya memiliki bentuk yang melengkung mirip seperti stang pompa air. Sedangkan yang tipe plat itu adalah MD ( Commando ) membentuk segi delapan yang lebih tebal.

Produk stang patahan karate dari besi pompa dragon ini tentunya dibuat dari bahan pengecoran besi berkualitas agar tepat penggunaannya untuk atraksi bela diri dalam karate, taekwondo dan lain sebagainnya.

Cara Memesan Stang Patahan Karate dari CV Andhy Karya

Jika Anda membutuhkan stang patahan karate untuk keperluan latihan atau atraksi bela diri karate, taekwondo, pencak silat dan lainya, CV Andhy Karya menyediakan stang patahan karate dengan beberapa model sesuai kebutuhan. 

Silahkan kunjungi website CV. Andhy Karya untuk informasi lebih lengkap seputar stang patahan karate dan produk-produk pengecoran logam lainnya seperti piring hot plate, spare part mesin kelapa sawit, tungku kompor restoran dan lain sebagainnya. 

Lakukan pemesanan dengan mudah lewat whatsApp kami dan Anda dapat melakukan konsultasi dan custom produk dari logam seperti stang patahan karate dan lainnya. Lakukan pemesanan sekarang!

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *