Mesin Kelapa Sawit

6 Mesin Pabrik Kelapa Sawit dan Proses Pengolahannya

Mesin pabrik kelapa sawit adalah beberapa jenis mesin yang digunakan untuk mengolah kelapa sawit yang sudah dipilih, menjadi minyak sawit yang berkualitas.

Sama seperti industri pengolahan lainnya, minyak kelapa sawit juga diolah di pabrik Sawit dengan menggunakan peralatan khusus, termasuk mesin pabrik kelapa sawit.

Beberapa jenis mesin yang digunakan seperti sterilizer, fruit cages, screw press, sludge centrifuge, dan lain sebagainnya.

Seperti apa mesin pabrik Kelapa Sawit itu dan bagaimana cara kerjanya, selengkapnya dalam ulasan berikut ini:

Pengolahan Kelapa Sawit

Tanaman kelapa sawit yang memiliki nama latin Elaeis Guineensis dan Elaeis Oleifera ini sebenarnya bukan tanaman asli yang tumbuh subur di tanah Indonesia.

Kelapa sawit bisa tumbuh di negara kita, karena dibawa oleh orang-orang Belanda dari Afrika. Tanaman kelapa sawit ditanam untuk pertama kalinya di tahun 1848 di area Kebun Raya Bogor.

Pabrik kelapa sawit adalah suatu industri yang khusus mengolah bahan baku berupa buah kelapa sawit yang sudah dipilih, untuk menjadi Crude Palm Oil atau Minyak Sawit berkualitas.

Seperti industri lainnya, proses pengolahan minyak sawit di pabrik kelapa sawit juga harus melalui beberapa tahapan, mulai dari penerimaan bahan baku yang berkualitas hingga proses Penimbun dan pengiriman minyak.

Pengolahan minyak sawit di Pabrik Kelapa Sawit, dengan menggunakan mesin pabrik kelapa sawit memiliki tujuan agar memperoleh minyak sawit yang berkualitas tinggi, yang memiliki keasaman rendah serta yang lebih mudah untuk diputihkan. 

Mesin Pabrik Kelapa Sawit

Jika kita mengamati mesin pabrik kelapa sawit, terdapat hingga 11 stasiun dari mulai proses awal hingga proses akhir yaitu penimbunan dan pengiriman crude palm oil tersebut.

Dari semua stasiun tersebut, ada beberapa mesin yang digunakan untuk  mengolah setiap proses tersebut. Apa saja mesin pabrik kelapa sawit yang digunakan, berikut ulasannya:

Mesin Fruit Cages

Di statiun pengolahan yang pertama, terdapat mesin Fruit cages yang berfungsi untuk mengangkut setiap TBS atau tandan buah sawit yang segar dan yang sudah dipilih.

Sebelum masuk ke Lori Buah (fruit cages), TBS melewati Weight Bridge untuk ditimbang beratnya. 

Kemudian TBS diangkut kembali dan dimasukan ke dalam Fruit Cages. Selanjutnya, mesin pabrik sawit ini akan membawa TBS menuju Sterilizer.

Mesin Sterilizer

Stasiun selanjutnya adalah mesin Sterilizer yang akan mengolah proses perebusan TBS dengan optimal. 

Proses perebusan ini akan mempertimbangkan pengolahan dari  segi suhu, tekanan, hingga waktu, dan harus sesuai standar perebusan yang berlaku.

Mesin Thressing Station

Mesin pabrik kelapa sawit yang digunakan dalam proses ini adalah Thressing Station, yaitu proses untuk merontokan buah –buah sawit dari tandannya. Mesin yang digunakan adalah Thresher Drum. 

Mesin pabrik kelapa sawit ini memiliki plat kisi-kisi yang berfungsi sebagai  perontokan brondolan tandan sawit dengan cara membantingnya. Setelah itu, buah-buah sawit yang rontok akan masuk ke mesin Screw Press.

Mesin Screw Press

Mesin pabrik kelapa sawit berikutnya adalah Mesin Screw Press yang fungsinya untuk proses pemerasan buah sawit yang sudah dirontokan tadi.

Sebelum diproses dalam mesin Screw Press, brondolan buah sawit akan dilumatkan terlebih dulu dalam Digester. Setelah itu, masuk ke Screw Press untuk memulai proses ekstrasi minyak sawitnya.

Mesin Continuous Settling Tank

Saatnya memasuki tahapan proses berikutnya dari pengolahan kelapa sawit. Mesin pabrik kelapa sawit yang digunakan pada tahap ini adalah Vibro separator untuk memisahkan serabut halus dari CPO-nya. 

Kemudian proses dilanjutkan oleh mesin pabrik kelapa sawit yang disebut Continuous Settling Tank, dimana minyak CPO murni juga akan dipisahkan berdasarkan berat jenisnya.

Kemudian, lanjut ke Oil Purifier dimana minyak sawit akan diproses menjadi minyak yang lebih murni, dengan kadar  kotoran hanya 0.02 % dan kadar air nya hanya 0.1 %.

Selanjutnya proses pengolahan akan menggunakan mesin pabrik kelapa sawit yang disebut Sludge Centrifuge, dimana kadar air akan semakin diturunkan menjadi 0.1 % dengan melalui Vacuum Oil Driver.

Mesin Pengolah Ampas

Stasiun pengolahan minyak kelapa sawit yang berikutnya adalah Kernel Station, dimana proses ini bertujuan untuk mengolah ampas dari biji dan serabut buah sawit untuk dijadikan bahan bakar.

Pengolahan biji dan serabut ini menggunakan beberapa mesin pabrik kelapa sawit seperti Cake breaker, Depericarper, Nut Polishing Drum, Nut Cracker, dan pemisah inti cangkang.

Proses ini akan menghasilkan kadar air hingga mencapai 7%. Air tersebut kemudian akan masuk ke dalam ketel uap dengan melalui mesin pabrik kelapa sawit yang disebut Water Treatment.

Spare Part Mesin Pabrik Kelapa Sawit Terbaik

Bagi Anda yang berencana untuk membuka bisnis minyak kelapa sawit, tentunya akan membutuhkan beberapa spare part mesin pabrik kelapa sawit tadi.

Kabar baiknya, CV. Andhy Karya menyediakan berbagai produk unggulan pengecoran logam. Salah satu produk terbaiknya adalah spare part mesin pabrik kelapa sawit. 

Temukan spare part yang dibutuhkan seperti Fire grate boiler, Expeller, Coupling digester, Skruw, dan lain sebagainya. 

Bisnis kelapa sawit akan semakin mudah dengan tersedianya spare part mesin kelapa sawit unggulan dari kami. 

Untuk melakukan pemesanan, kunjungi website andhykarya.com atau hubungi kami melalui WhatsApp

Similar Posts

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *