Tips memilih kompor

Ini 4 Tips Memilih Kompor Agar Awet dan Tahan Lama

Kompor merupakan komponen dapur yang memiliki fungsi penting, yaitu untuk memasak. Saat ini begitu banyak jenis, bentuk, dan ukuran kompor di pasaran. Spesifikasi masing-masing kompor tersebut berbeda dan diperlukan tips untuk memilihnya.

Tipe kompor bertekanan rendah sering digunakan di rumah-rumah. Berbeda dengan kompor bertekanan tinggi yang digunakan di restoran chinesse food, kompor ini memiliki nyala api lebih kecil dan stabil.

Mengingat fungsi penting kompor yang digunakan dalam jangka panjang, baiknya pilihlah kompor berkualitas dan sesuai kebutuhan. Berikut 4 tips yang wajib diketahui sebelum memutuskan membeli kompor.

Gas atau Listrik?

Saat ini kompor gas dominan digunakan oleh masyarakat. Perbedaan utama kompor gas dan listrik terletak pada sumber tenaga. Kompor gas menggunakan bahan bakar padatan cairan LPG yang dihubungkan melalui selang ke pemantik. Sedangkan kompor listrik memakai arus listrik untuk memanaskan kumparan logam di bawah permukaan keramik.

Sama-sama memiliki keunggulan dan risiko, faktor penting sebelum memutuskan menggunakan kompor gas atau listrik ialah kapasitas listrik. Kompor listrik yang beredar di pasaran umumnya mengonsumsi listrik 800 – 1000 watt tiap satu tungkunya.

Keamanan Kompor

Memastikan keamanan kompor menjadi hal mutlak. Semua jenis kompor yang beredar di pasaran memiliki tingkat risiko masing-masing. Untuk itu, pastikan kompor dan segala komponennya tidak cacat, berbahan logam berkualitas, telah melewati Quality Control (QC) ketat, dan berstandar SNI.

Rutinlah juga membersihkan bagian-bagian kompor minimal sebulan sekali.

Kebutuhan Memasak

Ada dua jenis kompor, yaitu bertungku satu dan dua. Kompor tungku satu umumnya berbentuk persegi dan lebih kecil dibanding kompor bertungku dua yang berbentuk persegi panjang.

Jika kebutuhan memasak banyak dalam sekali waktu, pilihlah kompor bertungku dua. Namun, pastikan jarak antar tungku cukup lebar sehingga dapat memasak dua makanan dalam satu waktu.

Perlu diingat bahwa menyalakan dua tungku kompor sekaligus dapat menyerap lebih banyak bahan bakar.

Kualitas Komponen Kompor

Kompor terdiri dari sejumlah bagian yang sama-sama berfungsi penting, di antaranya:

  1. Badan Kompor
  2. Knob
  3. Pemantik
  4. Corong (burner)
  5. Tatakan Kompor

Salah satu komponen penting dalam kompor adalah tatakan kompor. Tatakan berfungsi sebagai penyangga wadah memasak dan penjaga api agar stabil dan merata.

Untuk itu, pastikanlah kualitas tatakan kompor teruji, tidak mudah berkarat, berkualitas, awet, dan tahan lama.

Tak perlu bingung jika Anda membutuhkan tatakan kompor berkualitas dan sesuai ukuran serta tipe kompor Anda.

CV. Andhy Karya berpengalaman lebih dari 25 tahun melayani konsumen. Kami siap melayani desain tatakan kompor sesuai kebutuhan dan mengirimkannya ke seluruh Indonesia.

Hubungi kami melalui WhatsApp (di sini) dan laman kami (di sini) untuk pemesanan dan konsultasi gratis.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *