Kuliner Hot Plate

4 Kuliner Dengan Hot Plate yang Jadi Lebih Enak!

Sajian kuliner dengan hot plate memang selalu menggugah selera. Pasalnya, makanan akan disajikan dalam kondisi hangat yang tentunya lebih nikmat untuk disantap.

Umumnya, kuliner dengan hot plate ini banyak kita temukan di restoran Steak atau Nasi Goreng hot plate. Namun, belakangan aneka kuliner dan masakan disajikan juga dalam piring yang selalu panas ini.

Pada dasarnya, hampir semua makanan disajikan dalam kondisi panas. Namun, kondisi tersebut tidak bertahan lama karena udara di sekitarnya. Dengan hot plate, makanan bisa tetap panas lebih lama.

Alasan Menggunakan Hot Plate

Hot plate adalah istilah bagi si wadah tebal yang berbentuk seperti piring dan terbuat dari besi dengan alas berbahan kayu yang cantik.

Karena bahan besi yang merupakan campuran logam khusus ini menimbulkan hawa panas bagi makanan, alas kayu berfungsi sebagai pelindung agar panasnya besi tidak merusak benda sekitarnya.

Jangan sekali-kali menyentuh piring hot plate ketika baru saja disajikan. Asap yang keluar menandakan piringan besi itu sangat panas.

Sebelum digunakan untuk menyajikan makanan atau masakan, piring hot plate akan dipanaskan terlebih dulu dalam oven dengan suhu sekitar 80 derajat celcius dalam waktu kurang lebih 20 menit.

Penggunaan piring hot plate disarankan untuk restoran atau rumah makan khusus saja, karena perlu menyajikan makanan dalam kondisi panas.

Piring hot plate tidak disarankan untuk digunakan dalam rumah tangga, karena dikhawatirkan akan berbahaya bagi anggota keluarga, khususnya anak-anak.  

Beberapa restoran dan rumah makan ternama menggunakan piring hot plate sebagai tempat sajian makanan nya karena beberapa alasan berikut :

Menjaga Makanan Tetap Panas

Beberapa jenis makanan seperti Steak tenderloin, Chicken Steak, Tumis kangkung, dan Nasi Goreng adalah kuliner dengan hot plate yang kurang enak dikonsumsi selagi panas. 

Penggunaan hot plate di tempat makan khusus seperti ini tentunya dapat membuat makanan selalu dalam kondisi panas, dan rasanya lebih enak ketika dikonsumsi oleh konsumen. 

Menarik Perhatian

Makanan dengan kepulan asap, menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta kuliner. Hal itu yang menjadi alasan kuliner dengan hot plate selalu menarik untuk dicoba. 

Makanan dalam piring hot plate juga memiliki harga yang berbeda dengan yang disajikan dalam piring biasa. Hal ini bisa membuat penasaran para pelanggan kita, sehingga mereka ingin mencoba. 

Aman Digunakan

Seperti kita ketahui, piring hot plate terbuat dari besi yang merupakan campuran logam khusus yang kemudian di cor. Apakah besi ini berbahaya jika digunakan untuk makanan?

Para konsumen dan pemilik restoran sebaiknya tidak perlu khawatir, karena hot plate ternyata bukan hanya untuk membuat makanan panas tetapi juga aman bagi tubuh kita. 

Baca juga : 4 Jenis Hot Plate Untuk Usaha Restoran Steak dan Rumah Makan

Kuliner dengan Hot Plate

Semakin penasaran kira-kira kuliner apa saja yang bisa disajikan dalam piring hot plate ya? Pada dasarnya, hampir semua makanan bisa disajikan dengan piring ini. Berikut ulasannya:

Steak Hot Plate

Olahan kuliner dengan hot plate yang pertama adalah Steak. Baik itu Steak Beef maupun Chicken Steak, bisa dinikmati selagi panas langsung di atas piring hot plate. 

Nasi Goreng Hot Plate

Makan nasi goreng yang masih panas tentunya akan lebih enak. Menu nasi goreng juga bisa disajikan menggunakan piring hot plate. Sajiannya akan lebih cantik jika ditambahkan sayuran dan topping di pinggirnya. 

Tumisan

Ketika makan di rumah makan khusus, konsumen tentunya ingin menu tumisan yang disajikan dalam kondisi hangat. Tumis kangkung hot plate dan tumis tauge hot plate adalah dua jenis menu populer yang sering disajikan dalam kondisi panas. 

Mie Ayam Hot Plate

Sensasi makan mie ayam di atas piring hot plate pastinya lebih enak dibandingkan di mangkuk biasa. Karena makanan ini tidak berkuah, jadi boleh saja disajikan dengan hot plate. 

Olahan Telur

Menu telur adalah favorit banyak orang di Indonesia. Dengan menggunakan piring hot plate, telur akan tersaji dalam kondisi panas yang lebih lama, sehingga rasa masakan lebih enak. 

Bentuk Piring Hot Plate dan Jenisnya

Bagi pemilik usaha restoran atau rumah makan yang ingin menggunakan piring hot plate sebagai wadah sajian makanan, bentuk piring hot plate tersedia dalam berbagai jenis.

Ada piring hot plate bentuk sapi, bulat, oval, hingga bentuk mangkuk. Semuanya disesuaikan dengan jenis makanan yang disajikan. 

Sedang mencari piring hot plate dengan kualitas yang terbaik? Beli saja di CV. Andhy Karya, perusahaan yang menyediakan piring hot plate berkualitas, untuk bisnis kuliner dengan hot plate yang kekinian.

Kunjungi website kami untuk informasi lebih lengkap seputar piring hot plate dan benda-benda logam lainnya. 

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *