Api Kompor Kecil

Api Kompor Kecil dan Tak Stabil? Lakukan 3 Hal Ini Agar Kompor Awet dan Hemat Gas

Api pada kompor yang tak terawat sering kali berubah menjadi kecil dan tidak stabil. Meski terlihat sepele namun hal ini bisa berdampak serius, seperti tidak meratanya tingkat kematangan masakan, boros gas, hingga usia ekonomis kompor akan berkurang drastis.

Pasalnya, kompor merupakan komponen rumah tangga yang digunakan setiap hari, baik di rumah tangga, pelaku usaha kecil, hingga restoran.

Namun tidak perlu khawatir. Mengatasi api kompor kecil dan tak stabil cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Lantas, bagaimana memperbaikinya? Berikut selengkapnya.

Rutin Bersihkan Corong (Burner)

Kompor adalah komponen dapur yang paling mudah kotor karena bersentuhan langsung dengan proses memasak. Noda dan kerak sisa makanan yang tertinggal pada corong kompor tak jarang menyumbat suplai gas sehingga menyebabkan nyala api kecil bahkan tidak stabil dan mengeluarkan bunyi meletup-letup.

Warna ideal api pada kompor adalah biru. Warna merah, kuning, dan jingga menandakan suhu api rendah. Hal ini juga bisa terjadi akibat noda, sisa minyak, dan kerak penyumbat corong kompor.

Cara mengatasinya cukup mudah :

  1. Pastikan kompor dalam kondisi mati dan dingin.
  2. Lepaskan selang pada gas.
  3. Angkat tatakan kompor dan corong, lalu sikat menggunakan sikat gigi bekas.
  4. Pastikan tidak ada kerak atau noda yang tertinggal pada corong dan tatakan lalu bilas menggunakan lap kering.

Pemantik

Noda dan kerak yang menyumbat pemantik juga dapat membuat nyala api menjadi kecil. Berbeda dengan komponen lainnya, membersihkan pemantik perlu menggunakan alat khusus berupa jarum atau kawat tipis.

Cara membersihkan pemantik :

  1. Angkat tatakan dan corong kompor.
  2. Balikkan kompor dan lepaskan pemantik.
  3. Masukkan jarum atau kawat tipis untuk membersihkan bagian dalam pemantik.
  4. Lakukan rutin minimal satu bulan sekali.

Posisi Tatakan Kompor

Nyala api kompor yang tidak stabil juga dapat disebabkan posisi tatakan kompor yang tidak pas.

Hal ini bisa terjadi akibat kerak atau bekas minyak yang mengganjal, pemasangan yang tidak tepat, hingga tatakan kompor dalam kondisi rusak. Apabila tatakan kompor rusak, maka tidak ada jalan selain menggantinya.  

Bingung pilih tatakan kompor yang berkualitas dan tahan lama?

Tatakan kompor Stockpot (stove head) produksi CV. Andhy Karya bisa menjadi solusi. Berbahan dasar logam besi berkualitas, Stockpot telah teruji awet dan tahan tekanan, sehingga bisa memperbaiki performa kompor dan memperpanjang usia ekonomisnya.

Dengan jaminan keamanan packing, semua produk CV. Andhy Karya siap dikirimkan ke seluruh Indonesia.

Hubungi kami melalui WhatsApp (di sini) dan kunjungi laman kami (di sini) untuk pemesanan tatakan kompor Stockpot, Kwali Range, grill bakaran dan konsultasi secara gratis.

Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *